Cara Perawatan Rambut Rusak

Kerusakan rambut seperti kering dan bercabang memang menjengkelkan bagi pemiliknya. Sebab tampilan rambut yang rusak dan seperti tidak terawat dapat mengganggu penampilan kita. Sebenarnya kerusakan rambut dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya penggunaan zat kimia pada rambut, perlakuan yang tidak benar dan paparan sinar matahari.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat merusak rambut;

  1. Menyisir rambut ketika masih basah
  2. Menyisir rambut dalam keadaan basah dapat menyebabkan kerusakan rambut. Jika Anda akan merapikan rambut setelah keramas, sebaiknya tunggulah sampai keadaannya kering. Bisa dianginkan terlebih dahulu atau mengeringkan rambut menggunakan kipas angin. Hindari penggunaan hair dryer karena suhu panasnya dapat merusak rambut.

  3. Penggunaan hair dryer bersuhu panas
  4. Seperti telah di jelaskan di atas, penggunaan hair dryer bersuhu panas merupakan penyebab kerusakan rambut. Jika terpaksa menggunakan hair dryer, gunakanlah hair dryer dengan suhu yang tidak terlalu panas untuk mengurangi resiko kerusakan rambut.

  5. Sembarangan menggunakan shampo
  6. Untuk memiliki rambut yang indah, gunakanlah shampo yang tepat. Sesuaikan formula sahmpo yang sesuai dengan kebutuhan rambut kita. Jangan tergiur padaiklan atau shampoo merek β€˜luar’ yang mungkin tidak diformulasikan untuk kondisi rambut pada iklim tropis seperti di sini.

  7. Sinar matahari
  8. Penyebab kerusakan rambut selanjutnya yaitu paparan sinar matahari. Seperti halnya kulit, rambut indah yang kita miliki juga dapat rusak akibat sinar UV matahari. Sebaiknya gunakan perawatan rambut yang dapat memberikan perlindungan terhadap rambut Anda.

  9. Produk rambut berbahan kimia
  10. Tidak bisa dipungkiri lagi kebanyakan produk perawatan rambut mengandung banyak bahan kimia. Produk seperti cat rambut, jika digunakan terlalu sering dapat memicu kerusakan rambut.

Cara merawat rambut rusak

  • Membersihkan rambut secara khusus
  • Rambut yang mengalami kerusakan harus mendapatkan perawatan ekstra. Oleh karenanya, gunakan shampo khusus rambut rusak yang mengandung minyak alami, pelembab dan vitamin E. Anda dapat membeli jenis shampo seperti ini di apotek atau supermarket. Bersihkan rambut minimal dua hari sekali, jangan pula terlalu sering keramas karena dapat membuat rambut rapuh.

  • Berikan pijatan saat keramas
  • Memberikan pijatan pada saat keramas penting untuk merawat rambut rusak. Sebab hal ini tentunya akan membuat sirkulasi darah di area kepala dan rambut semakin baik. Lakukan pijatan melingkar dengan lembut dan perlahan hngga Anda merasakan kenikmatannya. Kemudian bilas hingga bersih dan tidak ada sisa shampo di kulit kepala.

  • Menggunakan kondisioner
  • Perawatan rambut kering dan rusak sangat dianjurkan untuk menggunakan kondisioner. Kondisioner bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut dan dan menjaga batang rambut agar tetap kuat.

  • Hindari kesalahan merawat rambut
  • Kesalahan memperlakukan rambut seperti mengikat rambut terlalu kuat, menyisir rambut saat basah, menggosok rambut dengan handuk setelah keramas dapat membuat rambut rusak. Sebaiknya hindari hal tersebut karena dapat membuat rambut rapuh dan mudah patah. Dengan perawatan rambut yang benar, maka rambut akan semakin terjaga kesehatan dan keindahannya.

Semoga tips merawat rambut rusak secara Alami dan Ilmiah di atas dapat bermanfaat bagi Anda.


7 Comments

  • damasamirulkarim

    October 4, 2014

    Wah, saya malah sudah kebiasaan menyisir rambut saat masih basah mas. Tapi saya bersyukur di beri rambut yang sehat πŸ˜†

    Reply
    • Dhimas Kirana

      October 4, 2014

      yah, semoga tetep sehat aja mas. yang penting dirawat dengan baik sudah cukup πŸ˜€

      Reply
      • damasamirulkarim

        October 4, 2014

        amin, intinya tetap syukuri apa yang telah di berikan yang kuasa saja mas.

        Reply
  • nitips

    January 19, 2016

    menurut saya salah satu kenapa rambut jadi rusak karena aliran darah di kepala tidak lancar, jadi bisa di coba tuh memijat mijat kepala biar aliran darah lancar. nice tips gan πŸ˜€

    Reply

Kebijakan Komentar (Mulai 16 Oktober 2015)

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu sesuai dengan isi tulisan.

Leave a Reply