Matoa, buah asli Papua

Pernah mendengar buah matoa?

Pasti terdengar sangat asing jika anda belum mengetahui buah matoa. Buah matoa merupakan buah khas dari Papua, jadi bagi kita warga daerah Indonesia bagian barat mungkin kurang mengenal buah tersebut.

Buah Matoa

Buah matoa tumbuhΒ di seluruh wilayah Papua. BuahΒ Matoa juga terdapat di beberapa daerah di Sulawesi, Maluku, dan Papua New Guinea.

Namun di pekarangan rumah nenek saya di daerah Kotagede, tanaman buah matoa tumbuh dengan subur. Berikut ini fotonya:Pohon Matoa

Tanaman Buah Matoa

Saya tidak tahu pastinya dari mana pohon matoa ini tumbuh, mungkin ketika saudara saya di Sulawesi datang ke Jogja membawa bibit buah matoa tersebut.

Buah matoa kulitnya sedikit keras, tetapi buah matoa rasanya manis, seperti kelengkeng. Daging buahnya juga lunak dan tidak lengket.Β Daging Buah Matoa

Bagi yang ingin memiliki pohon matoa, bisa meminta biji buah tersebut pada saya.Biji Buah Matoa

Atau mencari bibit tersebut, tapi kan susah karena pohon tersebut bukan tanaman asli daerah Indonesia barat. πŸ˜€


44 Comments

  • Isnuansa

    October 5, 2012

    Sama klengkeng enakan mana? Itu isinya kok kayak kurma ya?

    Reply
    • Dhimas Kirana

      October 5, 2012

      sama enaknya mbak, cuma daging buahnya matoa lebih lunak di banding klengkeng.
      emang mbak, isinya mirip kurma.. hehe πŸ˜€

      Reply
  • aqomadin

    October 7, 2012

    buah matoa, baru denger…. enak kaga Dhim??? klo klengkeng saya tahu, nah klo sama kokosan enakan mana rasanya??

    Reply
  • Putra Eka

    October 7, 2012

    Wah boleh juga nih masbro, bibitinya itu biji ajah ya? nanti minta kirimin ke Jambi deh πŸ˜€

    Reply
  • Agus Mulyadi

    October 7, 2012

    di kampung saya cuman ada satu pohonnya, itupun begitu berbuah langsung jadi rebutan. sensasi indonesia timur

    Reply
  • Kukuh Nova Putra

    October 7, 2012

    Yep, kemarin baru pertama kali saya coba.
    Kalo soal rasanya sih hampir mirip durian yak πŸ˜€

    Reply
  • Leo Ari Wibowo

    October 8, 2012

    Jarang ada yang tahu ya? Kebetulan di rumah saudara saya ada mas, tapi jarang ada yang ambil buahnya.

    Reply
  • GMC

    October 8, 2012

    Enak tuh,,,,,
    lam kenal
    Nikmatnya berbagi bro…
    mampir http://gombongmotorcommunity.com/jupiter-z1/

    Reply
  • giewahyudi

    October 9, 2012

    Katanya temen saya ada lho pohon matoa ini di daerah Jakarta Barat, saya pernah dibawain..

    Reply
  • arif

    October 10, 2012

    di halaman kos juga ada, kebetulan yg punya kos dulu transmigrasi di papua πŸ˜€

    Reply
  • Arif Riyanto

    October 10, 2012

    Pernah memakannya, enak.

    Reply
  • gek mirah

    October 11, 2012

    salam kenal πŸ™‚ makasi ya udah berkunjung ke blogku πŸ™‚

    Reply
  • Wong Cilik

    October 11, 2012

    pernah dengar tentang buah ini, tapi belum pernah merasakan langsung πŸ™‚
    Salam

    Reply
  • kangset

    October 12, 2012

    Buah matoa Rasanya kayak kelengkeng, tapi baunya kayak durian tapi enak, uy,

    Reply
  • Tiiand

    October 13, 2012

    Jadi kepengen ngeliat langsung nihh :$

    Reply
    • Dhimas Kirana

      October 13, 2012

      tuh sudah ada foto asli nya mas, barusan di petik πŸ˜€

      Reply
  • HALAMAN PUTIH

    October 18, 2012

    Sudah tau sih, tetapi belum pernah merasakan buahnya.

    Reply
  • chrismanaby

    October 23, 2012

    Dulu sewaktu saya masih kecil suka main sampai ke dekat hutan, pernah makan buah itu… eh sekarang baru tau kalau namanya buah matoa yang asli dari papua,.. thx infonya πŸ˜€

    Reply
    • Dhimas Kirana

      October 24, 2012

      jadi taunya itu buah yang enak doang mas? hahaha πŸ˜€ bagus deh kalau udah tahu.

      Reply
  • aditya

    October 28, 2012

    saya pernah makan buah ini…
    rasanya kek kelengkeng… tapi wedeh… kalo mo buka buah ini butuh perjuangan *lebai*
    kulitnya keras benget.
    oya, di tempat embah ane di magelang, juga punya pohon ini.
    cuman buahnya warnanya ijo nggak ungu kayak yang di gambar..
    *apa beda jenis yakk*

    Reply
    • Dhimas Kirana

      October 28, 2012

      emang mas, kulitnya keras..
      kata ibuk saya beda jenis mas, kalau yang ini katanya yang jenis super, jadi warnanya ungu dan rasanya enak. πŸ˜€

      Reply
      • aditya

        November 1, 2012

        owh ternyata beda jenis toh mas….
        baru tau saya πŸ™‚
        kirain gara2 unsur tanah, kan ada tuh
        taneman yang “manja” bisa bagus ditanem disuatu daearh tapi kalo beda daerah jadi rasanya aneh…

        Reply
        • Dhimas Kirana

          November 1, 2012

          yah mungkin karena dulu pas “manja”, jadi sekarang tercipta berbagai jenis. hahha πŸ˜€
          saya kurang tau tentang jenis tumbuhan. hehehe :p

          Reply
  • tempat karaoke

    December 19, 2013

    mkasih mas bro..
    informasinya sangat bermanfaat..
    semoga saja saya bisa pahamm

    Reply
  • bel-bel

    October 22, 2015

    itu isinya yang kayak kurma yang dimakan ?? atau bagian kulit tengah yang dapat di makan ?? lebih manis mana sama kelengkeng

    Reply
  • irfindsyah

    October 22, 2015

    ini buahnya dapat di olah jadi apa saja kak ?? apa juga mengandung sedikit air seperti kelengkeng ??

    Reply

Kebijakan Komentar (Mulai 16 Oktober 2015)

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu sesuai dengan isi tulisan.

Leave a Reply