Tips Lolos SNMPTN

Haloo sob, balik lagi sama aku. hehe..

Sebelumnya dah baca belum artikel: LOLOS SNMPTN 2014!!!? Pengen tau nggak tips-tips lolos snmptn?

Lulus UNAS Lolos SNMPTN

Hmmmm, kalian pengisian tanggal 13 Februari 2015 kan? Abis buka di webnya SNMPTN katanya tanggal 13 Februari. Berarti sekarang lagi proses input data rapot kalian selama 5 semester terakhir ke pangkalan data.

Bentar lagi pengisian pilihan SNMPTN nih. Kalian harus pikir matang-matang dalam memilih, biar lolos dan nggak kecewa sama pilihannya.

Ada beberapa tips penting dari aku pribadi yang aku rasain selama proses SNMPTN 2014 kemarin hingga lolos.

# PASSION

Passion, itu apa ya? Google translate artinya gairah. wkwk 😀
Yah intinya semangatmu, gairahmu dimana. Maksudnya gini nih, misal kamu tu suka banget sama yang namanya itung-itungan. Sampe maen game aja diukur sudutnya biar nembak senjatanya pas. haha.. Yaudah berarti passionmu di Matematika misalkan. Atau kamu suka ngitung duit khayalan. haha.. Yaudah berarti passionmu di Akuntansi.

Yaudah itu jadikan yang pilihan pertama saja. Gausah ikut-ikutan temen-temen pada milih yang gradenya tinggi, cukup milih yang sesuai dengan passionmu aja.

Soalnya gini, ntar kamu baru jalani kuliah berapa bulan ga betah, trus keluar. Rugi kan? (pengalaman beneran temen sekelas aku sob) Udah ketrima jalur undangan dimana sainganmu se-Indonesia, jalur paling mudah soalnya tanpa tes, trus udah bayar UKT(Uang Kuliah Tunggal – spp nya mahasiswa) cuma keluar karena ga betah. Rugi! Soalnya banyak temen-temen disana yang memperebutkan jatah snmptn, tapi yang ketrima cuma ditinggal gitu aja. Kan rugi. Jangan sampek gitu deh.

Intinya pililah pilihan pertama itu sesuai dengan passionmu. Temen-temenmu pada milih yang grade tinggi misal kedokteran, hukum, manajemen, ilmu ekonomi dan sebagainya. Udah deh, gausah ikut-ikutan. Toh yang jalani kuliah besok kamu. Bukan temen-temenmu.

Sharing dikit nih, dulu aku awal-awal dibuka pendaftaran snmptn, aku langsung login ke webnya, langsung buat pilihan dengan gradenya tinggi-tinggi, kayak Akutansi, Manajemen dan sebagainya. Setelah merenung, 2 apa 3 minggu sebelum penutupan pendaftaran, saya ubah sesuai passion saya. (baca: LOLOS SNMPTN 2014!!!)

Banyak yang bilang pilihan pertama tu harus gradenya lebih tinggi dari pilihan kedua, dan yang kedua lebih tinggi dari yang ketiga. Itu sih sebenarnya ada benarnya juga buat jaga-jaga, dipilihan pertama grade tinggi ga ketrima, pilihan kedua grade agak sedang harapannya diterima, atau di pilihan ketiga yang ketrima.

Tapi kalau saya pribadi pasang pilihan pertama itu passion, misal di seni rupa ya tulis aja seni rupa, kalau musik ya seni musik aja. Gausah ikut-ikutan temen. Oke?

# OPTIMIS

Ketrima tidaknya snmptn juga tergantung dosen yang menilai gimana. Dan kita hanya bisa pasrah ketika pendaftaran snmptn kita sudah kita finalisasi, sehingga pilihan tidak bisa diubah-ubah lagi.

Selama masa penantian hasil snmptn, tanamkan dalam diri bahwa aku pasti lolos! Ada rasa optimis bakal ketrima, yakin diterima.

Namun jangan terlalu berharap. Kayak cewek/cowok php. Jangan terlalu berharap, kalau terlalu berharap, gataunya ga lolos kan pasti kecewa banget, galau banget pasti. Cuma bisa nangis pasti. Beneran. Temen-temenku dulu soalnya pada nangis tau nggak ketrima. Semoga kalian ketrima semua ya. Amin :mrgreen:

Pokoknya optimis, tapi jangan terlalu berharap. Tetap belajar buat ujian akhir dan tetep belajar buat SBMPTN. Soalnya pengumuman SNMPTN biasanya antara abis UNAS sampai tes SBMPTN. Jadi diantara itu kalian sedang digantung hasil snmptn.

Makanya abis UNAS jangan seneng-seneng dulu, tapi persiapin SBMPTN. Belajarlah buat SBMPTN. Anggap saja hasil kelolosan SNMPTN itu adalah hadiah yang harus kamu trima.

Beneran ini, aku sendiri abis UNAS les matematika sbmptn sama Pak Sapto, beliau adalah guru matematika SMA saya, SMA N 5 Yogyakarta. Tapi belum selesai sebulan les, baru berapa minggu hasil sudah keluar, jadi saya memutuskan ga lanjut les, tapi tetep bayar full. hehe.. 😆

##########################

Udah cuma itu aja tips dari aku buat kalian. Cuma dua kan? Simpel aja.

Oh iyaaa, jangan lupa berdoa. Mau sholat, atau tahajud atau apalah itu, aku nggak paham doa-doa umat muslim. Atau yang umat katholik kayak saya bisa ziarah di gua Maria, berdoa memohon apa yang kamu inginkan, atau devosi dan sebagainya. Atau umat lain bisa menyesuaikan doanya gimana. Pokoknya wajib berdoa.

Kalau udah ketrima snmptn (Amiiinnn.. 😀 😀 ), harus diambil, kalaupun mau mengundurkan diri, mending ngomong/konfirmasi ke universitas dengan baik-baik. Jangan asal tinggal gitu aja.

Ini snmptn bro, berarti kamu diundang oleh universitas. Kalau kamu udah diundang dengan baik, tapi kamu malah ninggal gitu aja, apakah itu calon mahasiswa beretika? Jangan heran kemudian universitas tersebut mem-blacklist SMA mu selama beberapa tahun kedepan, sehingga tidak bisa menerima calon mahasiswa dari SMA mu. Kasihan adik kelasmu kan?

Kalau sudah diterima, kamu ambil, jangan lupa syukur. Berdoa kepada Tuhan mengucap terima kasih. Tanpa bantuan-Nya kamu mungkin gabisa.

Akhir tulisan ini, jangan terima tulisan ini mentah-mentah. Soalnya bisa juga dengan tips di atas tetep ga lolos snmptn. Takdir orang beda-beda. Jadi anggap aja tulisan ini masukan buat kalian. Keputusan akhir ada di tangan mu, konsultasikan dengan guru, orang tua, ataupun alumni.

Pokoknya tetap semangat, belajar, dan berdoa. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:


13 Comments

  • Pingback: LOLOS SNMPTN 2014!!! | Dhimas Kirana

  • info yang keren gan… semoga yg mau daftar bisa lolos….. aminnnnnn

    Reply
  • ruangguru.com

    December 3, 2015

    tips di atas benar.. dan memang harus jaga-jaga dengan menempatkan pilihan dengan passing grade lebih tinggi di urutan pertama. supaya masih bisa “kelempar” ke pilihan berikutnya 🙂

    Reply
    • Dhimas Kirana

      January 1, 2016

      yaap betul, memang seharunya seperti itu. :mrgreen:

      Reply
      • Ruangguru

        January 5, 2016

        tapi kalaupun akhirnya terlempar ke pilihan kedua, baiknya kita ikhlas sih. udah syukur diterima, ya gak? 😀

        Reply
  • Terus Belajar

    December 16, 2015

    Masukan tips nya boleh dishare nih siapa tahu saja banyak tetangga saya yang mau ikut SNMPTN dan lolos. Itung-itung beramal buat sesama untuk tabungan akhirat.

    Reply
  • Guru Privat

    January 26, 2016

    Setuju sekali kak sama tipsnya, saya juga lagi banyak belajar gimana caranya biar lolos snmptn, tapi sekarang juga ada sbmptn. Mungkin bisa ditambahkan juga kak tips untuk sbmptn, biar lengkap dan lebih membantu para calon mahasiswa.

    Reply
  • Winy

    January 28, 2016

    Tambah satu lagi, “Berperilaku Baik” biar doa-doanya dikabulkan 😀

    Reply
  • hit-hat

    April 13, 2016

    yg penting belajar sungguh – sungguh, dan tentunya berdoa supaya bisa lulus dapet nilai bagus….

    Reply
  • Yena

    April 28, 2016

    Belajar yang giat dan istirahat yang cukup juga perlu 🙂

    Reply

Kebijakan Komentar (Mulai 16 Oktober 2015)

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu sesuai dengan isi tulisan.

Leave a Reply