Backup Otomatis Pakai UpdraftPlus WordPress Plugin

Last Updated on October 26 2021 by dhimaskirana

Backup adalah hal yang harus rutin dilakukan untuk mengantisipasi jika website bermasalah. Pada tutorial kali ini, kita akan membuat backup otomatis pada website WordPress yang kita miliki menggunakan Updraft Backup Plugin.

Install Plugin

Pada dashboard WordPress, klik Plugins -> Add New. Kemudian cari dengan nama “UpdraftPlus WordPress Backup Plugin“. Klik install kemudian Activate.

Konfigurasi Plugin

Oke untuk membuat otomatis, kalian masuk ke “Updraft Backup” di bagian menu Settings, kemudian klik pada tab Settings.

Klik icon Google Drive, pada bagian bawah kalian akan menemukan “Authenticate with Google“. Klik link untuk menghubungkan akun Google.

Kemudian kalian akan dibawa ke halaman login Google. Masukan akun google kalian, kemudian klik Allow. Setelah itu kalian akan dibawa di halaman UpdraftPlus. Klik Complete Setup untuk menyelesaikan proses autentikasi akun Google.

Kemudian kalian akan kembali ke halaman setting UpdraftPlus. Klik pada tab Settings, atur jadwal backup setiap seminggu sekali atau Weekly, atau bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Pilih icon Google Drive dan klik tombol Save di bagian bawah halaman.

Memulai Backup

Kalian klik tab Backup/Restore kemudian klik Backup Now.

Akan muncul pop-up konfirmasi backup. Biarkan centang secara default, kemudian klik Backup Now. Biarkan proses backup berjalan hingga selesai.

Setelah itu kalian bisa check di Google Drive milik kalian, kemudian check file di dalam folder UpdraftPlus. Kalian akan menemukan file-file backup dari website kamu.

Jika kamu masih bingung bisa lihat slideshow di bawah ini supaya lebih jelas.

Selamat mencoba gaes 😀

Kebijakan Komentar

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu dan relevan dengan isi tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: