Web Design – Presentation Design – UI/UX Design

Last Updated on September 12 2021 by dhimaskirana

Halooo semuanya, selamat memasuki bulan September 2021, nggak terasa 4 bulan lagi 2021 berakhir, tetap selalu upgrade skill yaa. Jangan sampai karena pandemi, tahun 2021 berlalu tanpa ada skill yang kita upgrade.

Okee jadi hari ini aku mau sharing aja tentang perjalanan design yang aku lalui, sampai saat ini aku pelajari yaitu UI/UX Design. Kayaknya sih terlambat yaa belajar UI/UX Design, tapi buat aku nggak ada kata terlambat. Hanya mau atau tidak mempelajarinya.

Web Design – 2013

Oke jadi aku mau mulai dulu kenapa aku bisa masuk ke dunia design, semua berawal sekitar tahun 2012-2013 dimana aku mengenal dunia web development dan web design untuk pertama kalinya. Blog ini dibuat tahun 2012, ini postingan pertama.

Nah mulai 2013 mulai kenal beberapa blogger nih, ada juga beberapa blogger yang merangkap sebagai Frontend Web Developer. Dari sini mulailah mempelajari bagaimana membuat design website menggunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Nah kalian bisa lihat web design pertama kali yang aku buat menggunakan Adobe Photoshop CS5.

MaChe Community Web Design

Gimana, bisa kalian bandingkan dengan design-design yang ada sekarang, design ini terlihat jelek banget. Bahkan sense of design nya aja nggak ada, terkesan ngawur. Harap maklum karena baru memulai.

Tapi aku kapok design menggunakan Adobe Photoshop CS5, karena di laptop sangat berat (emang spesifikasi laptopku sangat kentang sih). Sehingga proses design memakan waktu yang cukup lama.

Akhirnya beralih mendesain website menggunakan Sublime Text, alias coding langsung. Disinilah aku juga belajar Web Development secara dasar seperti HTML, CSS, Javascript dan jQuery.

Web Design Competition 2013

Jadi di tahun 2013 juga ada kompetisi web design se-Indonesia yang diadakan oleh Sistem Informasi Universitas Telkom Bandung. Aku memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi ini.

Kemudian aku membuat design menggunakan Sublime Text dan mengirimkan source codenya ke panitia. Beberapa hari menunggu hasil, ternyata design yang aku kirim dinyatakan lolos dan masuk 10 finalis terpilih. 10 finalis terpilih ini diwajibkan mengikuti babak final yaitu presentasi hasil design di hadapan para juri di Universitas Telkom Bandung.

Nah ternyata lomba ini adalah lomba team bukan individu, sehingga aku harus mengajak 2 teman sekolahku, mereka semua adalah graphic designer. Aku meminta masukan design dari mereka, sehingga aku melakukan beberapa revisi pada design.

Kebetulan source codenya masih ada, aku simpan di github, jadi kalian bisa lihat live design nya di link ini : https://sisfotime-webdesign-2013.netlify.app/

Tanggal 2 November 2013 kita mempresentasikan hasil design di hadapan para juri di Universitas Telkom. Setelah hasil keluar ternyata kita tidak masuk juara. Akhirnya kita membawa pulang foto kenang-kenangan dan sertifikat lomba saja. Tapi ini merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Nah ini adalah presentasi kami di hadapan para juri.

Web Design Competition 2014

Karena ketagihan lomba web design, aku mulai berburu kompetisi web design lagi. Tahun 2014 aku mengikuti kompetisi web design yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Mercubuana Yogyakarta.

Di kompetisi ini aku mendapatkan juara 3, tetapi karena puncak acara di adakan saat malam minggu dan saat ini aku tidak bisa menghadiri puncak acara, sehingga pemberian hadiah diberikan secara perwakilan. Hari berikutnya aku datang ke Universitas Mercubuana untuk mengambil uang hadiah dan sertifikat. Tetapi saat itu hanya diberikan uang hadiah saja, untuk sertifikat katanya masih menunggu tanda tangan. Sampai sekarang aku udah lupa untuk ambil sertifikatnya.

Presentation Design – 2018

Tahun 2014-2018 aku kuliah Pendidikan Musik, jadi aku tidak menyentuh dunia design. Tahun 2017 mulai sedikit-sedikit menyentuh design lagi. Kemudian Agustus tahun 2018 aku lulus kuliah dan diwisuda.

Bulan Oktober mulai melamar pekerjaan ke perusahaan Coreslide. Akhirnya diterima sebagai Presentation Designer dan bekerja sampai saat ini.

Bekerja di Coreslide akhirnya membuka kembali wawasan design ku dan memberikan ilmu baru dengan desain presentasi yang dimana ini masih sangat jarang di Indonesia.

Web Design – UI/UX Design

Nah di tahun 2021 aku mencoba mempelajari kembali web design, hal yang aku sukai sejak 2013. Bahkan design pun saat ini berkembang bukan hanya web design, bahkan sampai UI (User Interface) dan UX (User Experience) design juga.

Ini bakalan seru memperdalam skill web design bersamaan mempelajari UI dan UX. Semoga menambah skill yang bakalan berguna di masa depan.

Jangan lupa follow behance dan dribbble ku untuk mengikuti design-design yang aku buat.

Kebijakan Komentar

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu dan relevan dengan isi tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: