Apa yang Dimaksud dengan Merek Dagang

Last Updated on October 27 2021 by dhimaskirana

Merek dagang secara eksklusif akan mengidentifikasi sebuah produk tertentu sebagai milik perusahaan. Selain itu, merek dagang juga memiliki fungsi lain dalam mengakui kepemilikan perusahaan atas merek tersebut.

Hanya dengan memahami pengertian atau penjelasan di atas, mungkin Anda sudah bisa menilai sendiri apa yang dimaksud dengan istilah merek dagang ini. Namun, supaya Anda bisa semakin memahami definisi dari merek dagang ini, Anda perlu mengetahui secara jelas pengertian dari istilah merek dagang ini.

Apa yang dimaksud dengan merek dagang?

Pengertian dari merek dagang itu sendiri adalah sebuah lambang yang akan digunakan oleh seorang pedagang besar, dan lambang ini akan menjadi nama atau simbol yang dapat dikenali untuk mengidentifikasi produk maupun layanan tertentu yang akan didistribusikan ke pasar yang lebih luas.

Umumnya, merek dagang dapat membuat sebuah produk tertentu lebih mudah dikenal oleh publik, karena bentuknya yang unik dan membuat berbeda produk tersebut dari produk sejenis lainnya. Maka dari itu, bisa dikatakan merek dagang akan sangat dibutuhkan ketika Anda ingin membangun bisnis produksi yang sukses.

Selain itu, ketika sebuah perusahaan membuat merek dagang, pihak perusahaan wajib mendaftarkan merek dagang tersebut secara resmi, supaya hukum bisa melindunginya ketika ada kerugian yang bisa saja terjadi di masa depan. Jadi, merek dagang yang berkualitas bukan hanya harus unik dan berbeda, akan tetapi juga wajib terdaftar secara resmi dalam aturan hukum yang ada.

Ketika merek dagang sudah terdaftar secara resmi, hukum dapat melindunginya dengan baik, sehingga tidak akan ada pihak ketiga yang dapat menggunakan nama, lambang, atau pun simbol yang sama dengan yang sudah digunakan dan didaftarkan tersebut.

Jika ada pihak ketiga yang menyalahgunakan aturan ini dengan tetap menggunakan merek dagang yang telah didaftarkan secara resmi, maka bisa dipastikan pihak ketiga tersebut sudah melanggar hukum yang ada.

Hukum dalam merek dagang ini sendiri sudah disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001, yaitu merek dagang merupakan merek yang digunakan pada produk maupun layanan yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang atau badan hukum secara bersamaan. Dalam hal ini, merek dagang akan membedakan antara barang satu dengan barang yang sejenis lainnya.

Fungsi Merek Dagang

Setelah memahami pengertiannya di atas, sekarang Anda juga perlu memahami fungsi dari merek dagang itu sendiri. Sebenarnya, fungsi utama dari merek dagang ini akan sangat berkaitan dengan dunia perdagangan, yaitu:

  • Merek dagang berfungsi sebagai tanda pengenal bagi suatu produk atau jasa tertentu, karena merek dagang dapat membedakan antara barang satu dengan barang sejenis lainnya.
  • Merek dagang berfungsi sebagai media promosi bagi suatu produk atau jasa tertentu, karena dengan adanya merek pada produk maupun jasa tertentu, publik akan lebih mudah mengenali produk maupun jasa yang sedang ditawarkan tersebut.
  • Merek dagang berfungsi sebagai jaminan kualitas dari produk atau jasa tertentu, karena ketika ada seseorang yang menyebutkan nama merek tertentu pada saat membicarakan keunggulannya, maka akan timbul pendapat yang baik kepada publik lainnya, mengenai merek yang sedang dibicarakan tersebut.
  • Merek dagang dapat menunjukkan asal barang atau jasa tertentu, karena nama merek juga bisa mengidentifikasi suatu produk ke masyarakat luas, sehingga mereka bisa mengenal tentang banyak hal terkait produk atau jasa yang sedang ditawarkan tersebut.

Itulah pengertian dan jawaban dari pertanyaan apa yang dimaksud dengan merek dagang. Jika Anda memiliki rencana untuk terjun ke dunia perdagangan, maka merek dagang sangat perlu untuk Anda pahami. Sebab, merek dagang akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dari sebuah bisnis produksi.

Kebijakan Komentar

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu dan relevan dengan isi tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: