Alasan Mengapa Merek Dagang Penting untuk Startup

Last Updated on October 27 2021 by dhimaskirana

Alasan Mengapa Merek Dagang Penting untuk Startup – Di dunia modern saat ini, konsumen dibanjiri dan terus-menerus terpapar merek dagang dalam kehidupan sehari-hari. Pertimbangkan istilah Band-aid, Jacuzzi, Super-glue, Pampers, dan Chapstick. Untuk menyebutkan beberapa konsumen secara tidak sadar menganggap merek dagang ini sebagai produk sebenarnya daripada sebagai merek masing-masing. Jadi, bagaimana Anda merek dagang sebuah nama, dan apa manfaat Merek Dagang dan pentingnya kekayaan intelektual.

Namun, perusahaan raksasa ini tidak dilahirkan dengan asosiasi monopolistik antara merek dan produk. Mereka tidak hanya memikirkan nama, tanda, desain, atau ekspresi yang sesuai dengan konsep produk mereka. Mereka juga mendaftarkan kekayaan intelektual mereka sebagai merek dagang. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan bagaimana merek dagang memfasilitasi keberhasilan startup dan manfaat pendaftaran merek dalam jangka panjang.

Berikut adalah alasan mengapa merek dagang penting untuk startup:

Mereka Menciptakan Pengakuan Merek

Merek dagang memberi startup keamanan merek mereka. Dengan merek dagang nama perusahaan, seseorang membuat layanan dan produknya berbeda dalam hal pesaing mereka, menjadi kekayaan intelektual mereka. Dengan demikian, ini mencegah pesaing menyalin atau mencuri merek mereka.

Insentif bagi Karyawan untuk Bergabung

Sangat penting bagi startup untuk mempertahankan reputasi positif ketika mereka memiliki merek dagang. Jika bisnis mempertahankan reputasi yang baik, orang cenderung untuk bekerja dengan dan untuk mereka.

Mencegah Masalah Hukum di Masa Depan

Tidak mendaftarkan merek dagang membuat bisnis terbuka untuk tuntutan hukum dari perusahaan yang mendaftarkannya dengan nama, tanda, slogan, atau desain yang sama. Jika itu terjadi, sebuah bisnis akan dipaksa untuk berurusan dengan mengubah semua yang dihasilkannya, seperti kampanye, materi situs web, dan sebagian besar, identitas merek mereka.

Mengapa Merek Dagang Penting untuk Startup?

Merek Dagang adalah untuk Seumur Hidup

Merek dagang bersifat permanen, dengan hanya perlu pembaruan berkala. Pertimbangkan perusahaan raksasa Pampers dan Jacuzzi yang disebutkan di atas mereka telah menjadi pembangkit tenaga listrik di domain masing-masing selama beberapa dekade dan akan terus berkembang selama beberapa dekade mendatang.

Aset Terbesar Perusahaan

Ini dapat bertindak sebagai katalis untuk meningkatkan nilai seiring dengan matangnya bisnis startup, terlebih lagi jika startup terus berkembang. Dengan demikian, penting untuk menggunakan merek dagang untuk strategi pemasaran untuk membantu peningkatan pengenalan merek dan untuk menarik lebih banyak konsumen.

Memberitahu Orang-Orang Bahwa Anda Bersungguh-sungguh Bisnis

Bukan rahasia lagi bahwa merek dagang memberikan kepercayaan pada nama bisnis; ambil Disney, misalnya. Bisakah Anda bayangkan Disney tidak merek dagang nama atau merek mereka? Pikirkan pembantaian hukum yang akan terjadi; orang akan berjuang mati-matian untuk bisa mendapatkan keuntungan dari kerajaan kesuksesan yang mengelilingi merek dagang mereka.

Memberikan Rasa Otonomi

Bukan rahasia lagi bahwa pasar sangat jenuh menjadi sejumlah besar ceruk yang berbeda, sangat beragam dalam ukuran dan fungsi. Ini adalah adegan yang cukup brutal. Menjadi ikan terkecil di kolam terkecil sebagai startup sangatlah sulit. Dalam hal ini, merek dagang dapat bertindak sebagai penopang; setelah sebuah startup memantapkan dirinya, ia ingin mempertahankan reputasi yang baik.

Merek Dagang suatu merek memungkinkan perusahaan yang baru tumbuh untuk meredam pukulan dari pasar dengan mengenakan selimut pelindung. Itulah yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat bagi anda, Sekian terima kasih.

Kebijakan Komentar

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu dan relevan dengan isi tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: