Cara Membuat Plugin Khusus WordPress Sederhana

Last Updated on November 9 2021 by dhimaskirana

WordPress memiliki sebuah fitur menarik dimana kita dapat memperluas fungsi dari core WordPress yaitu Plugin. Dengan Plugin, kita bisa menambahkan fitur-fitur seperti tombol like, atau share button, atau bahkan fitur pembayaran. Menarik bukan?

Nah pada tutorial kali ini kita akan mengenal dan mencoba membuat plugin WordPress secara sederhana dan kita akan mencoba menambahkan fungsi sederhana pada plugin yang akan kita buat ini.

Supaya rapi, kita buat sebuah folder pada wp-content/plugins. Sebagai contoh kita buat folder pakaiwp. Jadi path foldernya wp-content/plugins/pakaiwp.

Kemudian copy script berikut ini dan simpan sebagai index.php dalam folder plugin kamu.

Silahkan kamu ubah data plugin pada line 3 sampai line 14. Data yang perlu kamu ubah adalah data-data seperti nama Plugin, deskripsi, version, nama Author dan sebagainya.

Jika sudah, jangan lupa klik save. Kemudian akan muncul di halaman dashboard wordpress plugin. Sekarang klik Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Jika sudah aktif akan muncul tanggal di bagian bawah website kamu.

Penjelasan Fungsi

Oke jika kamu lihat baris 17 sampai 20 di sana ada fungsi bernama fungsi_menampilkan_tanggal(). Fungsi ini akan mengecho tag paragraf dengan konten tanggal dengan j F, Y. Kemudian fungsi ini ditambahkan ke sebuah action WordPress bernama wp_footer yang dijalankan sebelum tag </body> dirender pada website.

function fungsi_menampilkan_tanggal() {
	echo '<p style="text-align:center;">Tanggal <strong>'.date('j F Y').'</strong></p>';
}
add_action('wp_footer', 'fungsi_menampilkan_tanggal');

Ini adalah plugin sederhana, jika kamu tertarik dengan membuat plugin lebih komplek, kamu perlu mempelajari bahasa pemrograman PHP dan WordPress lebih mendalam.

Selamat mencoba.

Kebijakan Komentar

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu dan relevan dengan isi tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: