Little Trip to Gombong

Last Updated on October 22 2021 by dhimaskirana

Haloo gaes, mau sharing nih tentang trip singkat ke Kota Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.

Sebagai orang jogja yang bisa dibilang udah bosen banget sama tempat wisata di jogja, jadi tanggal 29-30 Mei 2021 aku memutuskan ngetrip ke Gombong. Kebetulan ada teman yang asli Gombong dan dia setuju buat nemenin aku trip di kota Gombong.

Transportasi

Pulang pergi naik kereta Joglosemarkerto. Berangkat tanggal 29 Mei 2021 pagi dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Kemudian pulang ke Jogja naik Joglosemarkerto tanggal 30 Mei 2021 sore.

Ohh iyaa, naik kereta Joglosemarkerto ini tanpa tes antigen ataupun genose yaa, jadi gak perlu khawatir wajib tes. Informasinya ada di bawah ini.

UPDATE : Masa PPKM Joglosemarkerto tidak beroperasi

Penginapan

Untuk penginapan di gombong, aku menginap di Hotel Cadaka Gombong, sekitar 5 menit dari Stasiun Gombong. Dapat informasi penginapan dari OYO Rooms. Untuk harga penginapan ini sekitar 100ribuan.

Tapi belum AC yaa, masih seperti ini kamar harga 100ribuan. Padahal di jogja penginapan 100ribuan udah full AC. Ya mungkin beda kota juga dan beda jenis penginapan juga (jogja banyak homestay). Walaupun begitu, setidaknya lumayan lah buat menginap di kota kecil ini.

Nah kalau kalian penasaran seperti apa penginapannya, berikut ini foto-foto di kamar 305 (di Lantai 3). Ada fasilitas wifi tetapi hanya di sekitar lounge, jadi tidak sampai ke kamar 305. Sampai sih, tapi harus agak keluar kamar dulu.

Hotel Cadaka Room 305

Radio Kopi Gombong

Aku sampai gombong jam 09.10, jadi kan belum waktunya check-in penginapan. Check-in penginapan biasanya setelah jam 12, sehingga aku memutuskan untuk nongki di Radio Kopi Gombong.

Lokasinya tidak jauh dari Stasiun Gombong, sekitar 5 menit dari stasiun. Untungnya juga jam 9 pagi, Radio Kopi Gombong ini sudah buka.

Btw, Pak Ganjar Pranowo juga pernah lhoo nongki di Radio Kopi Gombong. Check aja di youtube Pak Ganjar. So, ini tempat kopi rekomended di gombong. Mantep.

Alun-alun Kebumen

Okee jadi jalan-jalan di mulai. Destinasi pertama yang aku kunjungi adalah Alun-alun Kebumen. Gombong ini sebuah kecamatan di kabupaten Kebumen, jadi gak afdol kalau belum maen ke kota Kebumen. Walaupun sebuah kecamatan, Gombong ini juga punya alun-alun sendiri ternyata.

Seperti alun-alun kota pada umumnya, di Alun-alun Kebumen banyak pengunjung dan banyak penjual makanan dan mainan. Ada juga Masjid Agung Kebumen di dekat alun-alun. Alun-alun Kebumen ini tempat yang oke buat nyore sampai malam mingguan.

Malindo Corner

Destinasi kedua setelah alun-alun adalah Malindo Corner. Ini katanya temenku sih cafe paling hits di Kebumen. Sampai ke lokasi emang bener sih kalau ini tempat nongkrong hits. Vibes elegantnya dapet banget.

Untuk harga makanan standar. Nggak terlalu murah, tapi nggak terlalu mahal juga. Kebetulan ada live music juga. Mungkin pas kebetulan malam minggu yaa. Untuk lokasi deket banget dari alun-alun kota Kebumen.

Waduk Sempor

Ini adalah destinasi yang aku kunjungi hari Minggu tanggal 30 Mei 2021. Waduk Sempor ini sebenernya bukan di Kecamatan Gombong tetapi di Kecamatan Sempor sebelah utara gombong. Perjalanan sekitar 15 menit dari pusat kota Gombong.

Di Waduk Sempor ini banyak warung-warung penjual makanan, jangan lupa makan mendoan khas gombong sambil menikmati pemandangan Waduk Sempor.

Benteng Van der Wijck

Destinasi terakhir setelah dari Waduk Sempor adalah Benteng Van der Wijck. Menurutku sebagai orang jogja, ini adalah destinasi paling terkenal. Untuk tiket masuknya 25ribu sudah termasuk kereta atas benteng. Untuk video kereta atas benteng silahkan bisa kalian tonton seperti ini rasanya.

Pulang ke Yogyakarta

Setelah dari Benteng, kemudian segera check-out dari penginapan dan makan siang, kemudian jam 14.54 aku pulang ke jogja menggunakan kereta api Joglosemarkerto lagi. Seperti biasa sebelum pulang beli oleh-oleh khas kebumen yaitu Jipang dan Lanting.

Stasiun Gombong
Stasiun Gombong

Yaaah 2 hari trip di kota kecil rasanya bakal beda dibanding trip ke kota besar. Pengen ngemall ga ada mall, jam 9 malem udah sepi banget wkwkwk. Padahal di jogja apalagi malem minggu jam 8-10 malem adalah jam-jam nya rame.

Tapi katanya sih mall pertama di kebumen sedang masa pembangunan. Semoga pandemi berakhir, mall sudah berdiri kokoh.

Sebenarnya ada destinasi yang belum di kunjungi di Gombong ini yaitu pantainya. Kata temenku sih pantainya bagus. Boleh deh di simpen buat next trip. wkwk

Kebijakan Komentar

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu dan relevan dengan isi tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: