Membuat Otomatisasi Menggunakan WP-Cron

Last Updated on December 22 2021 by dhimaskirana

Haloo guys, tutorial kali ini agak sedikit advance dimana kita akan membuat sebuah otomatisasi untuk WordPress. Kita akan menggunakan plugin bernama WP-Crontrol. Plugin ini sangat simpel dan mudah untuk digunakan.

Cara menggunakan sangat simpel. Anda cukup membuat sebuah hook dan atur waktu jobnya. Misal pada gambar dibawah ini, kita akan membuat hook bernama contoh_hook. Kemudian kita set jam 10.00 AM (hari ini), kemudian pada pengulangan kita set intervalnya daily atau sehari sekali tiap hari.

Nah setelah setelah barulah kita membuat sebuah job dengan fungsi, kemudian kita tambahkan ke hook action yang telah kita buat tadi.

add_action('contoh_hook', 'fungsi_kirim_email');
function fungsi_kirim_email() {
	// Fungsi kirim email ke admin website yang dikaitkan dengan hook pakaiwp_hook_action
	wp_mail( get_bloginfo( 'admin_email' ), 'Testing Kirim Email', 'Email ini dikirim setiap jam 10 pagi, setiap hari, menggunakan fungsi dari WP-Crontrol.' );
}

Nama fungsi di atas adalah fungsi_kirim_email() yang memiliki task mengirim email ke admin website. Nah fungsi tersebut kemudian kita tambahkan ke action hook contoh_hook yang sudah kita buat tadi menggunakan add_action.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.