Alasan Kenapa Pake WordPress??

Last Updated on December 24 2021 by dhimaskirana

Berbicara tentang WordPress tidak ada habisnya. Banyak web developer menyarankan untuk menggunakan WordPress jika ingin membuat sebuah website. Saya jadi pengen sekedar sharing tentang WordPress. Berbagi pengalaman kenapa saya suka banget yang namanya WordPress. Dari pertama kenal, sampe sekarang gamau move on ke cms lain.

CMS?? Apaan tuh??

Oke, jadi CMS tu singkatan dari Content Management System, biar googling aja sendiri, di Wikipedia juga ada. Intinya CMS itu adalah sebuah perangkat lunak yang berorientasi pada pengelolaan konten. Jenisnya CMS ada banyak, misalkan Blogger, WordPress, Drupal, Joomla, dan lain lain.

Oke jadi balik ke topik, kenapa sih saya suka WordPress.

#1 WordPress itu Open Source

Open Source itu artinya perangkat lunak tersebut kode sumbernya boleh dilihat oleh pengguna lain, sehingga semua pengguna dapat memahami bagaimana kerja perangkat lunak tersebut, dan bisa ikut mengembangkan atau memperbaiki kode sumbernya. Efeknya dengan open source, perangkat lunak tersebut menjadi free atau gratis. Tidak dipungut biaya untuk menggunakan perangkat lunak tersebut.

#2 WordPress itu customizable

Customizable bisa diartikan mudah dimodifikasi. Ini juga merupakan efek samping dari sifatnya yang open source, sehingga bagi siapapun WordPress sangat mudah dimodifikasi. Apalagi dengan adanya hook dan filter pada fungsi WordPress, sangat memudahkan untuk menambahkan fungsi-fungsi tertentu.

#3 WordPress itu dokumentasinya lengkap banget

Karena sifatnya yang open source, pengguna WordPress sangat banyak di dunia. Sehingga nggak sedikit juga sebagian pengguna WordPress berbagi tutorial menggunakan WordPress. Mulai dari tutorial yang sifatnya sederhana, sampe tutorial yang sifatnya kompleks.

Nah temen-temen juga bisa belajar tentang WordPress di website ini. Kalian bisa check di halaman Tutorial WordPress Pemula.

#4 WordPress nggak sekedar buat ngeblog

WordPress sekarang nggak sekedar buat blogging doang. Dengan banyaknya plugin dan themes yang tersedia, WordPress bisa digunakan untuk membuat sebuah toko online, portal berita, portal jual beli, forum, sampe situs jejaring pertemanan.

Bahkan jika temen-temen bisa coding php, temen-temen bisa buat website yang lebih kompleks menggunakan WordPress.

#5 WordPress itu user friendly

User friendly artinya WordPress cukup bersahabat. Dari segi panel admin, tampilannya sangat memudahkan pengguna untuk memulai mengelola konten di blog. Dari segi themes dan pluginnya sangat variatif dan keren-keren. Dari segi SEO nya WordPress sangat bagus. WordPress sendiri sudah dibuat dengan kode-kode html yang semantik, sehingga sangat mudah di index oleh mesin pencarian seperti Google. Efeknya jika situs anda dengan mudah ditemukan di Google, maka pengunjung akan meningkat.

Keren kan WordPress tu?? Kira-kira ada alasan lain nggak kenapa kalian tetep suka dengan WordPress. Coba deh share pendapat kalian. Nanti alasan yang bagus, bakalan saya tambahkan ke dalam tulisan ini dan saya cantumkan link anda juga.

Atau malah anda tertarik mengenal dan mempelajari WordPress? Mari kita diskusikan di dalam komentar dibawah tulisan ini.

Tambahan!
Tambahan ini saya dapatkan ketika mengikuti Meetup WordPress Yogyakarta #1 di basement kantor NiagaHoster

WordPress Meetup Yogyakarta Pertama

#6 WordPress API
Sederhana nya WP Rest API ini berfungsi untuk mengambil data pada sebuah website. Misalkan saya membuat aplikasi android dhimaskirana.com, kemudian untuk menampilkan data tulisan dari blog ke dalam aplikasi sangat simpel. Tinggal menggunakan WP Rest API. WP Rest API ini sudah masuk ke core WordPress mulai versi WordPress 4.7 “Vaughan” ke atas.

Bahkan karena Rest API ini, banyak bermunculan WordPress Headless CMS. Website yang menggunakan backend WordPress tetapi menggunakan Frontend menggunakan stack yang lain seperti Nuxt, React ataupun Vue.

#7 WordPress CLI (Command Line Interface)

WP-CLI adalah satu set command-line yang digunakan untuk mengelola WordPress. Sederhananya kita bisa mengelola website dalam jumlah banyak tanpa harus menggunakan browser. Hanya menggunakan beberapa perintah seperti cmd pada Windows, maka perintah dapat langsung dijalankan. Contohnya:

$ wp plugin install rest-api --activate
Installing WordPress REST API (Version 2) (2.0-beta13)
Downloading install package from https://downloads.wordpress.org/plugin/rest-api.2.0-beta13.zip...
Unpacking the package...
Installing the plugin...
Plugin installed successfully.
Activating 'rest-api'...
Success: Plugin 'rest-api' activated.

Bagi pemilik website WordPress dalam jumlah banyak, WP-CLI ini sangat bermanfaat. Kalau cuma satu doang, ya mending pake browser lebih simpel. hehe..

Nah kira-kira apa lagi ya fitur keren di WordPress yang belum aku sebutin disini. Yuk kita diskusi di kolom komentar.

3 thoughts to “Alasan Kenapa Pake WordPress??”

  1. Gw ga mau banyak koment, yang jelas bener yg agan bilang soal wordpress itu emang user friendly bgt, gw udah berapa kali bikin website sama wordpress walau belom dapat hasil. tapi klo suruh custom lagi gw tetep inget tahapannya dan macam2 fiturnya karena emang gampang banget untuk di pahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.