Berkenalan Dengan Pendidikan Seni Musik UNY (Maba wajib baca)

Last Updated on July 19 2021 by dhimaskirana

Halooo gaiiss. Kamu calon mahasiswa baru dan berminat untuk ambil kuliah Pendidikan Seni Musik UNY?? Sebelum ambil jurusan ini, kenalan dulu deh sama jurusan Pendidikan Seni Musik UNY.

Sekilas info aja, aku juga alumni dari jurusan Pendidikan Seni Musik UNY angkatan 2014. Jadi masuk kuliah tahun 2014, lulus tahun 2018 dengan gelar S.Pd. Cek aja profilku disini. Salam kenal yaa.

Pendidikan lhooo

Ingat ini kuliah pendidikan lhoo, artinya output jurusan ini adalah sebagai seorang pendidik alias Guru Musik. Di semester 7 kalian akan ketemu mata kuliah PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) atau PLT (Praktek Lapangan Terbimbing). Ini adalah mata kuliah praktik, kalian akan terjun ke sekolah-sekolah menjadi seorang guru musik sementara selama 2 bulan (pengalaman praktik mengajar).

Jadi kalau kalian gak mau jadi seorang guru, khususnya guru musik, mending ambil kuliah lain deh daripada nyesel di semester tua nanti. wkwkwk

Bukan Kuliah Band-band an

Kalau waktu SMA kamu hobi ngeband, jangan berekspektasi kuliah musik bakal kayak tiap hari ngeband. Kagaaaakkk.. Band cuma bagian kecil dari musik modern.

Sedangkan kuliah musik, kalian akan belajar mengenal musik secara global. Dari mengenal sejarah musik jaman dahulu sampai musik jaman sekarang. Kalian akan belajar banyak sekali tentang teori-teori musik. Kalian akan belajar bagaimana membuat aransemen dan komposisi musik. Dalam kuliah praktik, kalian akan bertemu dengan banyak latihan, banyak latihan teknik permainan instrumen.

Nah kalau kalian penasaran dulu sama mata kuliah apa saja yang ada di Jurusan Seni Musik UNY, ini aku tunjukkin mata kuliah yang pernah aku tempuh selama kuliah. Sumber: PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI

No.SemesterKode Mata KuliahMata KuliahSKS
12014/GanjilMUS6216Gitar 12.00
22014/GanjilMUS6213Vokal 12.00
32014/GanjilMUS6221Solfegio 12.00
42014/GanjilMUS6219Apresiasi Musik 12.00
52014/GanjilMUS6230PIM 12.00
62014/GanjilMKU6211Bahasa Inggris2.00
72014/GanjilMDK6201Ilmu Pendidikan2.00
82014/GanjilMUS6210Piano 12.00
92014/GanjilMKU6208Pancasila2.00
102014/GanjilMUS6208Teori Musik 12.00
112014/GanjilMDK6202Psikologi Pendidikan2.00
122014/GenapMUS6222Solfegfio 22.00
132014/GenapMUS6236Ansambel 12.00
142014/GenapMUS6231Praktik Instrumen Mayor 22.00
152014/GenapMKU6207Pendidikan Kewarganegaraan2.00
162014/GenapMUS6214Vokal 22.00
172014/GenapMUS6209Teori Musik 22.00
182014/GenapMUS6211Piano 22.00
192014/GenapMUS6220Apresiasi Musik 22.00
202014/GenapMDU6302Pendidikan Agama Katolik3.00
212014/GenapMUS6217Gitar 22.00
222015/GanjilMUS6239Ansambel 22.00
232015/GanjilMUS6225Apresiasi Musik Nusantara 12.00
242015/GanjilMUS6223Ilmu Harmoni 12.00
252015/GanjilMUS6202Strategi Pembelajaran Seni Musik2.00
262015/GanjilMDK6204Sosio-antropologi Pendidikan2.00
272015/GanjilMUS6218Gitar 32.00
282015/GanjilMUS6232Praktik Instrumen Mayor 32.00
292015/GanjilMKU6212Kewirausahaan2.00
302015/GanjilMUS6215Vokal 32.00
312015/GanjilMUS6212Piano 32.00
322015/GanjilMUS6201Kajian Kurikulum Pendidikan Seni Musik3.00
332015/GenapMUS6203Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Seni Musik2.00
342015/GenapMUS6242Ansambel 32.00
352015/GenapMUS6253Aransemen 12.00
362015/GenapMUS6251Komposisi 12.00
372015/GenapMDK6203Manajemen Pendidikan2.00
382015/GenapMUS6224Ilmu Harmoni 22.00
392015/GenapMUS6233Praktik Instrumen Mayor 42.00
402015/GenapMUS6228Ilmu Bentuk dan Analisis 12.00
412015/GenapMUS6250Orkestrasi2.00
422015/GenapMUS6246Ansambel Musik Sekolah 12.00
432015/GenapMUS6226Apresiasi Musik Nusantara 22.00
442015/GenapMUS6204Penilaian Pembelajaran Musik2.00
452016/GanjilMUS6205Perencanaan Pembelajaran Seni musik3.00
462016/GanjilMUS6229Ilmu Bentuk dan Analisis 22.00
472016/GanjilMUS6245Ansambel 42.00
482016/GanjilMUS6259Metode Kelas Tiup2.00
492016/GanjilMUS6247Ansambel Musik Sekolah 22.00
502016/GanjilMUS6258Metode Kelas Perkusi2.00
512016/GanjilMUS6252Komposisi 22.00
522016/GanjilMKU6216Pendidikan Inklusi2.00
532016/GanjilMUS6254Aransemen 22.00
542016/GanjilMUS6227Apresiasi Musik Nusantara 32.00
552016/GanjilSBF6211Bahasa Jawa**2.00
562016/GenapMUS6206Metodologi Penelitian Pendidikan Seni Musik2.00
572016/GenapMUS6257Estetika Musik2.00
582016/GenapPPL6202Pembelajaran Mikro3.00
592016/GenapMKU6210Statistika2.00
602016/GenapMUS6248Direksi Musik Sekolah2.00
612016/GenapMUS6272Penelitian Tindakan Kelas2.00
622016/GenapSBF6201Apresiasi Budaya2.00
632016/GenapMUS6256Manajemen Pertunjukan2.00
642016/GenapMDU6209Bahasa Indonesia2.00
652016/GenapMUS6262Ansambel Musik Sekolah 32.00
662016/GenapMUS6271Metode Pembelajaran Musik2.00
672017/GanjilPPL6301PPL3.00
682017/GenapMUS6607Tugas Akhir Skripsi6.00

Semester Awal adalah “Perjuangan”

Seperti yang sudah kalian lihat di daftar mata kuliah, di semester awal akan ketemu dengan banyak kuliah praktik dan kuliah teori. Kuliah teori masih okelah, kalian bisa belajar teori seperti kayak orang belajar biasanya. Tetapi kalau ketemu kuliah praktik, kalian harus bener-bener bisa mengikuti.

Nah yang terjadi adalah di semester awal kalian akan ketemu mata kuliah solfegio, gitar dasar, piano dasar, vokal dasar dan teori musik. Menurutku 4 mata kuliah ini adalah dasar dari kuliah jurusan ini.

Solfegio adalah kemampuan pendengaran atau ketajamanpendengaran musik, baik ketepatan ritmik maupun ketepatan nadanya. Kuliah ini akan membekali kamu kemampuan solfes yang bagus supaya kalian bisa lebih peka terhadap nada, karena kalian akan ketemu nada di setiap mata kuliah.

Mungkin kalau kalian dari Sekolah Menengah Musik (SMM) atau pernah kursus musik akan terbiasa dengan solfegio. Tetapi akan sangat perjuangan banget bagi kalian yang belum pernah kenal sama kemampuan ini.

Vokal dasar, gitar dasar, dan piano dasar adalah mata kuliah yang wajib kalian ambil. 3 mata kuliah praktik ini wajib kalian kuasai karena akan membekali kalian saat menjadi pendidik/guru musik nantinya. Jadi guru musik harus bisa instrument populer seperti gitar dan piano doong.

Teori Musik, salah satu kuliah teori yang membosankan menurutku. Tapi sangat penting banget. Karena mata kuliah akan menjadi dasar dari mata kuliah berikutnya yang akan kalian ambil.

Kuliah PIM (Praktik Instrumen Mayor)

Setiap mahasiswa baru wajib mengambil kuliah PIM (Praktik Instrumen Mayor). Mahasiswa diberi kebebasan memilih instrumen apa yang akan dipilih sebagai instrumen mayor atau instrumen utama yang ingin kalian perdalam.

Kuliah PIM merupakan mata kuliah wajib pilihan, wajib sampai semester 4 dan pilihan sampai semester 6. Kalau sampai semester 6 kalian wajib menghadapi pementasan akhir mayor atau resital.

Ada Komunitas Instrumen

Asiknya kuliah musik khususnya di UNY, kalian akan bertemu dengan beberapa komunitas mahasiswa berdasarkan instrumen. Contohnya Komunitas Intrumen Gitar Inilah Ansambel Gitar, Komunitas Vokal Violet Vocal, Komunitas Alat Tiup HWO, Komunitas Piano dan Komunitas String.

Menurutku, karena ini komunitas jadi kalian bisa join ke komunitas tanpa harus sesuai mayor yang kalian ambil. Contoh aku anak mayor gitar tapi masuk ke komunitas alat tiup, ini sah-sah saja.

Di sisi lain ini akan memberatkan kalian. Kalian harus memperdalam instrumen mayor dan tetek bengek kuliah tetapi masih belajar instrumen komunitas. Tapi di sisi lain, kalian akan memiliki pengalaman lebih dan belajar langsung dengan teman-teman yang jago di komunitas itu.

So, itu tergantung bagaimana kalian mengelola waktu latihan dengan baik.

Tour Concert Pendidikan Seni Musik UNY - ISI Denpasar 2017
Tour Concert – Ansambel Gitar UNY

Konser/Pementasan

Konser merupakan hal yang sudah biasa bagi temen-temen jurusan musik. Pendidikan Musik UNY memiliki 2 konser rutin tahunan, yaitu Welcome Concert (biasanya semester ganjil untuk menyambut mahasiswa baru) dan Opening Concert (semester genap).

Nah contoh video di bawah ini adalah Welcome Concert Pendimusikan yang dilaksanakan di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Konser ini bertemakan musik dan pendidikan dan bekerja sama dengan Paduan Suara SMP Stella Duce 1 Yogyakarta.

Pendimusikan sendiri berasal dari dua kata yakni Pendidikan dan Musik. Kami memilih dua kata itu karena merepresentasikan kampus kami kepada masyarakat luas. Yaitu kampus pendidikan dan kampus musik. Dalam konser kali ini kami mengangkat musik musik yang dipelajari di perkuliahan yang dikemas ulang dalam sebuah aransemen. Kami berharap hal ini akan memacu mahasiswa baru dalam proses perkuliahan di jurusan Pendidikan Seni Musik UNY

Boas Fernando Pandiangan (Ketua Acara Konser)
Sumber: http://fbs.uny.ac.id/berita/pendimusikan-pendidikan-dan-musik-dalam-balutan-konser-orkestra
Welcome Concert Pendimusikan tahun 2016 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta

2 comments / Add your comment below

Kebijakan Komentar

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu dan relevan dengan isi tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: